Buka InaRi Expo 2022, Kepala BRIN: Fokus Penanganan Soal Pangan dan Energi

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko membuka Indonesia Research & Innovation Expo 2022 (InaRI Expo 2022) di Gedung ICC, Cibinong Science Center, Jawa Barat, Kamis (27/10/2022). Ajang tersebut mulai berlangsung pada hari ini hingga 30 Oktober 2022. Ia berharap, pameran riset dan inovasi terbesar ini mendorong para periset Indonesia untuk meraih prestasi yang lebih tinggi. ​ Menurutnya, kegiatan semacam ini sebenarnya sudah rutin dilaksanakan oleh masing masing kementerian maupun lembaga sebelum terintegrasi ke dalam BRIN.

“Ini kelanjutan dari kegiatan expo yang sebelumnya telah dilakukan oleh beberapa LPNK, dan sekarang diintegrasikan, sehingga menjadi lebih besar dengan gaung yang lebih besar pula serta lebih menarik untuk publik,” kata Handoko. Lebih lanjut Ia mengatakan, fokus dalam InaRi Expo 2022 yaitu menangani kebutuhan negara untuk jangka pendek, seperti sektor pangan dan energi. "Kami fokus digital blue green economy. Intinya, fokus pangan dan energi sesuai kebutuhan negara dalam jangka pendek. Saat ini kita tahu mengalami masalah harga pangan dan energi," paparnya.

Tahun ini InaRI Expo 2022 mengusung tema “Digital, Blue, & Green Economy: Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi”. Melalui tema ini, BRIN ingin mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi guna mewujudkan ekonomi yang berbasis digital, berwawasan lingkungan, dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia. BRIN juga mengajak seluruh periset dan inovator dari berbagai lembaga untuk berbagi kesuksesan yang menginspirasi para periset dan inovator generasi berikutnya.

InaRi Expo 2022 diiikuti sebanyak 239 peserta, di mana 239 booth peserta pameran itu terdiri dari Perwakilan BUMN, Perwakilan BUMD, Asean India Startup Festival, Perwakilan Negara G20, Perusahaan Swasta Nasional, Perguruan Tinggi, dan Sekolah sekolah setingkat SMA dan SMP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *